21 September 2011

Tips Mengatas Rambut Rontok - Kebotakan Secara Alami

Masalah rambut rontok dapat dialami setiap orang, baik pria maupun wanita, tua dan muda. Ini bukan akhir dari segalanya. Banyak sekali cara mengatasi rambut rontok yang efektif, baik itu secara alami dengan bahan-bahan herbal, maupun dengan teknologi canggih yang tersedia di klinik-klinik kecantikan.

Jangan panik! Cobalah cara mengatasi rambut rontok berikut sebagai langkah awal untuk mencegah kebotakan.

Deteksi kapan dan penyebab rambut mulai rontok. Apakah Anda baru mengganti merek shampo atau mencoba produk rambut yang baru? Atau Anda mulai menggunakan mousse atau hairspray yang lebih banyak dari biasanya?

Pakailah satu merek shampo dan/atau conditioner. Seringnya mengganti merek akan menyebabkan kerusakan dan rontok yang lebih parah, karena shampo adalah produk kimia.
Berilah minyak herbal pada rambut Anda, seperti minyak kelapa atau orang aring. Usapkan pada bagian akar rambut di malam hari, biarkan dan cucilah rambut di pagi hari. Lakukan minimal 3 kali dalam seminggu.

Cucilah rambut Anda dengan teratur. Rambut kotor menyimpan banyak zat-zat perusak seperti keringat dan debu. Pengaruh lingkungan juga bisa menjadi penyebab rambut rontok seperti jika Anda banyak beraktivitas di ruangan AC, di luar ruangan yang penuh polusi atau di bawah terik matahari.

Cucilah rambut dengan suhu air normal atau hangat. Air yang terlalu panas juga salah satu penyebab rontok.

Hindari stress berlebihan dan kurang tidur. Pengaruh psikologis juga sangat besar dalam rontoknya rambut. Masalah hormonal seperti yang dialami ibu setelah melahirkan, wanita yang sedang dalam proses menopause, dan masalah tiroid pun bisa menjadi penyebab rontok. Jika Anda merasa ini penyebabnya, konsultasikan segera ke dokter, seimbangkan pola diet Anda dan tidur yang cukup.

Lakukan treatment pijat baik itu dengan creambath, hairspa atau dengan minyak herbal. Memijat kulit kepala akan melancarkan peredaran darah dan merangsang pertumbuhan rambut.
Makanan sehat bernutrisi dan bervitamin juga dapat membantu mengurangi rontok. Vitamin A kaya dengan anti-oksidan yang merangsang produksi sebum di akar rambut, vitamin E berfungsi untuk peredaran darah sehingga akar rambut terus produktif, dan vitamin B kompleks mendukung produksi melanin yang memberikan warna sehat pada rambut. Hindari makanan berlemak dan pedas.

Obat-obatan dokter, kondisi medik tubuh dan genetik. Apakah Anda sedang dalam mengkonsumsi obat atau antibiotik dari dokter? Ataukah Anda sedang menderita suatu penyakit? Apakah ada orang lain di keluarga Anda yang mengalami rambut rontok atau kebotakan? Konsultasikanlah keluhan rambut rontok terutama untuk rambut rontok parah ke dokter Anda.

Jangan mengeriting, merebonding, mencatok dan mengecat rambut Anda selama masih rontok karena hal ini akan menambah “stress” pada rambut dan membuatnya rontok lebih parah.

Masalah rambut rontok memang mengkhawatirkan, apalagi jika sudah mengarah ke kebotakan. Identifikasikan penyebabnya terlebih dahulu, agar Anda dapat memilih yang sesuai. Selamat mencoba!


blogbintang

Artikel Terkait

.comment-content a {display: auto;}