15 October 2012

Apasih Diabetes ?

Memahami tentang diabetes adalah hal penting karena kita bisa menghindari dari tejadi penyakitr diabetes. Masalah diabetes biasanya muncul beberapa mitos yang belum tentu benar, oleh karena itu jika memahami diabetes dengan benar maka kita akan tahu fakta yang sebenarnya. Diantara mitos yang beredar adalah :

1. Sering mengkonsumsi makanan manis akan menimbulkan penyakit diabetes

Diabetes itu ada 2 macam yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. jika tidak punya insulin lantaran kerusakan pankreas maka akan timbul diabetes tipe 1. Ini tidak ada kaitannya dengan kebanyakan makan makanan manis. Akan tetapi, kebanyakan manis menyebabkan gemuk sedangkan kegemukan mengganggu kinerja insulin sehingga kualitas insulin buruk dan terjadilah diabetes tipe 2

2. Diabetes pada orang dewasa pasti yang tipe 2, sedangkan yang tipe 1 miliknya anak kecil

Diabetes yang timbul akibat kerusakan pankreas menyebabkan tidak ada insulin yang dibentuk sehingga diabetes yang muncul adalah tipe 1. Diabetes tipe ini memanag banyak terjadi pada anak, namun juga bisa terjadi pada orang dewasa.

Badan yang kegemukan menyebabkan insulin tidak dapat bekerja dengan baik sehingga terjadilah diabetes tipe 2. Diabetes tipe ini memang kebanyakan terjadi pada orang dewasa, tetapi akhir-akhir ini semakin banyak anak remaja yang juga mengidap diabetes tipe 2

3. Teman saya diabetes tipe 1 sejak kanak-kanak, usia saya 40 tahun baru terkena diabetes tipe 2, berarti diabetes tipe 2 lebih ringan dari pada diabetes tipe 1?

Semua jenis diabetes adalah penyakit serius. jika gula darah tidak dikendalikan dengan benar, baik diabetes yang tipe 1 atau tipe 2 akan berakhir dengan bermacam-macam komplikasi yang sangat berbahaya.

4. Seseorang yang terkena diabetes berarti pankreasnya rusak

Belum tentu, jika pankreas rusak dan tidak bisa membuat insulin lagi anda terkena diabetes tipe 1. Mungkin saja pankreas masih baik tetapi inslin tidak berfungsi dengan normal karena badan anda kegemukan dan tidak pernah berolahraga.

5. Diabetes adalah penyakit menular

Diabetes tidak menular, sebagian penyakit ini ada kaitan denga faktor keturunan. Jika orang tua adalah pasien diabetes, anda punya bakat terkena diabetes. Gaya hidup yang salah, kegemukan, sembarang makan atau jarang olahraga semua itu akan mempermudah terkena diabetes. Kalau kerusakan pankreas karena virus maka infeksi virus mungkin saja menulari orang lain.

6. Jika saya menderita diabetes, anak saya pasti terkena diabetes karena diabetes adalah penyakit turunan

Sebagian diabetes adalah penyakit turunan namun sekalipun ada bakat terkena maka anak tidak harus menjadi pengidap diabetes. Sejak kecil anak sudah harus diajari hidup sehat, banyak makan sayuran dan buah-buahan, tidak banyak mengkonsumsi makanan yang kalorinya berlebihan, suka berolahraga dan tidak gemuk. Gaya hidup yang sehat bisa mencegah timbulnya diabetes.

7. Turunan diabetes sebaiknya jangan menikah dengan orang yang juga keturunan diabetes

Tidak benar asalkan mengerti cara hidup yang sehat, menjalani diet yang benar, aktif berolahraga, tidak stres, menghentikan kebiasaan merokok dan berat badan tidak berlebihan, semestinya diabetes bisa dihindari.

8. Diabetes pada anak kecil bisa sembuh sedangkan pada orang tua tidak bisa disembuhkan lagi

Diabetes adalah penyakit yang bisa dikendalikan, diabetes tipe 1 akibat kerusakan pankreas, seumur hidupnya harus mendapat suntikan insulin. Pasien diabetes tipe 2 yang mau mengatur dietnya dengan benar, berolahraga teratur bisa menurunkan berat badannya menjadi ideal, pengendalian gula darahnya bisa lebih baik, tidak mustahil suatu saat gula darahnya terkontrol baik tanpa obat hanya lewat diaet, olahraga dan gaya hidup yang sehat.

9. Pasien diabetes mudah terserang penyakit lain

Sebenarnnya pasien diabetes bisa tetap hidup sehat asal gula darahnya terkontrol dengan baik. Jika gula darah tidak terkendali daya tahan tubuh menjadi buruk, anda mudah terserang penyakit lain, misalnya flu, infeksi dll. Kuncinya adalah pencegahan lewat vaksinasi, serta mengontrol gula dengan penuh disiplin.

10. Ketika hamil divonis kena diabetes, ternyata setelah melahirkan gula darah normal, berarti diabetes sudah sembuh

Ini dinamakan diabetes jenis gestasi, yaitu diabetes yang timbul pada kehamilan. Tanpa menjalani hidup sehat, anda akan mengalami diabetes tipe 2 dikemudian hari. Pada kehamilan berikutnya diabetes genetasi akan muncul kembali.

11. Saya tidak suka makan manis sihingga tidak akan terkena diabetes

Infeksi virus akan merusak pankreas, yang membuat anda terserang diabetes tipe 1, atau anda tidak suka manis tetapi tidak mengkonsumsi makanan berkalori tinggi, apalagi jarang berolahraga, sehingga berat badan anda berlebihan maka anda gampang terkena diabetes tipe 2.

12. Setahun sekali saya rutin periksa gula darah dan hasilnya baik, berarti diabetes saya terkontrol baik

Periksa gula darah pasien diabetes tidak boleh dilakukan setahun sekali, meskipun sudah berdiet dan berolahraga serta sudah minum obat teratur, mengapa? karena gula darah berubah-ubah sepanjang hari mengikuti bagaimana makanan dan aktifitas anda. Semakin sering anda cek semakin banyak informasi mengenai kadar gula darah.

13. Pasien diabetes tidak bisa bekerja lagi

Semua tergantung pada berat ringannya diabetes dan komplikasi yang timbul. Apakah memakai insulin atau tidak? sering mengalami hipoglikemia atau tidak? secara garis besar penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2 yang memakai insulin dianjurkan jangan bekerja sebagai pilot atau crew pesawat, tentara, polisi, mengendarai kendaraan berat, masinis kereta api dan bekerja di tambang.

Untuk informasi lebih lengkap:
wikipedia.com
diabetmelitus.wordpress.com

Artikel Terkait

.comment-content a {display: auto;}